Daras Perjuangan HMI, Visioning Jemput Bonus Demografi

  • Bagikan

Peningkatan jumlah penduduk usia produktif menjadi modal dan sumberdaya yang penting bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangun sosial bagi suatu negara. Cruz, M. and S.A. Ahmed. (2016). "On the impact of Demographic Change on Growth, Savings, and poverty. " World Bank policy Research Working paper 7805. Washington. Dc:world Bank.

Momentum tersebut harus disambut atau di hadapi dengan perencanaan yang matang. Bonus demografi adalah kondisi kependudukan yang didominasi oleh usai porduktif, namun bonus demografi ini bisa kita katakan belati yang bermata dua. Hal tersebut dikatakan karena adanya dampak positif dan negatif, dan hal tersebut tergantung pada metodelogi pengelolaan negara termaksud seluruh elemen di dalamnya.

Jika tidak di kelola dengan baik maka akan membawa indonesia kepada tragedi kelam pada masa pasca kemerdekaan atau melangkah mundur, tetapi jika di kelola dengan baik maka berpotensi akan membawa negara indonesia untuk melangkah lebih jauh untuk bersaing dengan negara-negara maju lainya.

Oleh karena itu pemerintah harus jelih dan teliti dalam mengambil kebijakan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat dan organisasi di dalamnya.

HMI merupakan salah satu organisasi yang ada di dalam masyarakat dan terlibat langsung dengan sejara perkembagan yang terjadi pada bangsa ini.

HMI yang memiliki komitmen yang sangat besar pada keislaman dan keindonesiaan bukalan lagi kata seharusnya, melainkan kata kewajiban untuk memberikan sumbangsih ide atau gagasan dalam pembangunan bangsa ini seperti para pendahulu Hm Iitu sendiri, oleh karena itu setiap instrumen maupun elemen harus sadar dan melakukan kelaborasi untuk berkerjasama dalam mencapai cita" Bangsa ini.

  • Bagikan