Tradisi Kebaharian Masyarakat Sulawesi Selatan

  • Bagikan

Adapun perahu pinisi merupakan kebanggaan dari masyarakat Sulawesi Selatan utamanya suku Bugis-Makassar. Penamaan perahu pinisi diambil dari nama suatu pelabuhan terkenal di Italia, yaitu "Venisia". Dengan dialeg suku Bugis-Makassar. Venisia berubah menjadi "pinisi". Selain dari pada itu ada pula yang memperkirakan bahwa nama tersebut dari nama sejenis ikan yang terdapat dan hidup diperairan Selat Makassar yang disebut "ikan pinisi".

Ikan ini kecepatan larinya dalam air melebihi ikan-ikan lainnya. Mungkin dari sinilah asal-mula sehingga perahu pinisi disebut juga nama "palari" yang artinya perahu yang cepat larinya.

Perahu tradisional Bugis-Makassar sebagai alat transportasi antar bangsa dan nelayan, asal-mulanya selalu dihubungkan dengan suatu mitos atau ceritera tentang: Sawerigading, yaitu seorang tokoh mitologis Bugis. Ceritera ini umumnya dijumpai di Sulawesi Selatan bahkan sampai ke Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. Rangkuman ceriteranya adalah sebagai berikut:

Sawerigading mencintai saudara kembarnya yang bernama We' Tenri Abeng yang semenjak lahirnya berpisah. Sawerigading memadu cinta dengan saudara kembarnya We' Tenri Abeng tetapi tidak dibenarkan oleh adat, karena hal yang demikian tidak pernah terjadi dalam sejarah Luwu dan dianggap sebagai suatu pebuatan tercela, dan jika hal ini terjadi pada Kerajaan Luwu maka negara akan mengalami kehancuran dan rakyat akan musnah.

Hal ini akhirnya sampai ketelinga raja dan permaisuri. Raja akhirnya menjadi murka, maka dipanggilah seluruh anggota adat serta pembesar kerajaan Luwu untuk membicarakan dan membaha peristiwa tersebut. Akhirnya keputusan diserahkan kembali kepada Sawerigading bersama saudara kembarnya We' Tenri Abeng untuk meminta pendapatnya tentang keputusan musyawarah Kerajaan Luwu. Akhirnya Sawerigading dinasehati oleh We' Tenri Abeng agar ia pergi saja ke tanah Cina untuk mencari jodoh yang wajar serta bentuk tubuhnya menyerupai We' Tenri Abeng, yaitu gadis yang bernama "We' Cudai".

  • Bagikan