Palopo Anggaran Miniatur Ka’bah Rp6 M

Kamis, 15 April 2021 12:00

Miniatur taman Ka'bah yang akan dibangun pemkot Palopo

FAJAR.CO.ID, PALOPO — Salah satu proyek prestisus Wali Kota Palopo, Drs HM Judas Amir MH sebelum masa pemerintahannya berakhir 2023, mendatang, adalah pembangunan taman manasik haji yang di dalamnya ada miniatur ka’bah.

Hal itu dikatakan, Hendri, Sekretaris Bappeda Kota Palopo, mengatakan pembangunan taman manasik haji miniatur kabah merupakan salah satu rancangan pembangunan strategis Kota Palopo dengan anggaran Rp6 miliar. Pembangunan miniatur Kabah ini sama dengan beberapa program pembangunan strategis lainnya yang menyedot anggaran miliaran rupiah yang harus dituntaskan hingga 2023 mendatang.

Pembangunan ini sebagai bentuk menjadikan kota Palopo sebagai kota religi bagi umat beragama. “Pembangunan akan dilaksanakan tahun ini sebagaimana yang masuk dalam perencanaan Pemkot Palopo untuk tahun 2021,” katanya, Rabu 14 April 2021, kemarin.

Dalam hal pelaksanaan tekhnis, pembangunan miniatur Kabah ini dimotori Dinas PUPR Palopo yang merupakan program skala perioritas. Namun saat ini, rencana pembangunan ini belum diajukan ke bagian pengadaan barang jasa (PBJ) Setda Palopo untuk dilakukan proses tender.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Palopo, Harianto mengatakan saat ini dalam pihaknya tengah mempersiapkan berbagai kelengkapan untuk diajukan ke bagian pelelangan.“Proses untuk pemilihan penyedia dan dalam waktu dekat ini. Selanjutnya pelaksana akan melanjutkan pembangunannya,” kata Harianto.

Sebelumnya, Wali Kota Palopo Drs HM Judas Amir MH di hadapan ribuan jemaah Masjid Agung Luwu Palopo, menekankan konsistensinya untuk terus membangun Kota Palopo. Khususnya di kawasan Masjid Agung Luwu Palopo. Wali Kota akan tetap jalan dengan membangun miniatur kabah.

Yang nantinya akan digunakan sebagai tempat manasik haji.Saat ini, progresnya sudah selesai soal tahapan gambar dan desain. Tinggal perencanaan mengenai berapa anggarannya. “Itu masih kita hitung-hitung, karena uangnya dari APBD Kota Palopo. Harus ada RAB dan DED-nya,” sebut Wali Kota Palopo dua periode.(rul/idr)

Komentar

VIDEO TERKINI