Warga Desa dan Personel Polsek Tompobulu Maros Resah Kesulitan Air Bersih

  • Bagikan

Fajar.co.id, Maros -- Warga sejumlah dusun di Desa Tompobulu kecamatan Tompobulu kabupaten Maros kini resah lantaran kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Menurut observasi yang dilakukan Ketua DPP Gempa NKRI Akbar Polo, terdapat tiga dusun, yakni dusun Masale, Dusun Tombolo serta dusun Baddo Ujung di desa Tompobulu yang warganya resah kesulitan memperoleh air bersih di setiap musim kemarau.

Masalahnya, jelas Akbar yang juga putra daerah asal Desa Tompobulu, bukan lantaran tidak adanya sumber air di daerah ini.

"Justeru di wilayah Tompobulu Maros inilah terletak sumber mata air yang tak pernah kering yaitu Taipa dan Lekoboddong," katanya.

Persoalan yang dihadapi warga, menurut Akbar, hingga kini belum ada pengelolaan yang dilakukan pihak Pemerintahan Desa untuk mendistribusikan air bersih melalui sistem perpipaan dari sumber mata air yang ada ke rumah-rumah warga.

Sejumlah warga menyayangkan pemerintahan desa setempat hingga kini belum menganggarkan perencanaan melalui Anggaran Desa untuk pembuatan pipa distribusi air minum ke wilayah pemukiman warga.

Sehingga warga tidak lagi harus bersusah payah mengambil air langsung ke sumber-sumber mata air. Anehnya, menurut Akbar Polo, Plt Kepala Desa Tompobulu Kec Tompo bulu Maros justru terlihat membangun sejumlah WC-WC umum tanpa dilengkapi ketersediaan aliran air untuk kepentingan cuci dan membilas.

"Belum adanya sumber distribusi air bersih, menyebabkan personel di Polsek Tompobulu juga setiap saat kesulitan air bersih untuk kepentingan bilas, cuci dan mandi sehari-hari kasian," katanya melalui keterangan tertulisnya. (rls)

  • Bagikan