Bulukumba Didorong Jadi Kota Madya

Selasa, 12 Oktober 2021 09:21

Pusat kota Bulukumba

FAJAR.CO.ID,BULUKUMBA– Wacana Bulukumba untuk menjadi kota madya kembali ramai diperbincangkan. Meski di pemerintahan Zainuddin Hasan wacana ini telah didorong namun tak terealisasi.

Wacana tersebut disambut baik oleh Pro Pemekaran Bulukumba, Ahmad Gazali yang mengaku mendukung Bulukumba untuk menjadi kota madya.

Bulukumba yang merupakan kabupaten terbanyak ke 4 penduduknya, sudah sangat mendukung dijadikan kota madya.

Belum lagi dengan melihat luas wilayahnya, sangat memungkinkan Bulukumba terbagi dua, yakni kabupaten dan Kota Madya.

” Di bandingkan kabupaten lain di wilayah selatan, kita kabupaten terbanyak kecamatannya,” kata Ahmad Gazali

Wacana Bulukumba menjadi kota madya menurut Ahmad Gazali pernah dia dorong bersama lembaga lainya di masa pemerintahan Zainuddin Hazan.

Draf dan akta notaris telah dia serahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba untuk dibahas bersama.

” Tapi tidak tahu terkendala dimana, sampai tidak terealisasi,” sesal Mantan Ketua PMII Bulukumba itu.

10 kecamatan, Ahmad Gazali menggambarkan 4 wilayah yang bisa menjadi wilayah ibu kota, yakni Ujungbulu, Ujung loe dan sebagian wilayah Gantarang dan sebagian Kecamatan Bontobahari.

” Apalagi beberapa infraatruktur pelayanan sudah lengkap, bahkan sudah ada mall, sisa bioskop dan bandara, yang saya yakin akan terealisasi jika jadi kota madya,” kata Ahmad Gazali.

Anggota DPRD Sulkifli Zaiye yang dikonfirmasi turut menyambut Bulukumba menjadi kota madya. Seharusnya Bulukumba bisa mengikuti beberapa jejak kabupaten lain yang bisa besar setelah kota madya seperti Bitung.

” Kenapa Bulukumba tidak bisa, kita punya fasilitas pendukung, seperti 2 pelabuhan, Bira dan Leppe, dua pelabuhan ikan, Bira dan Turun beru,ada juga labuang korong, (pelabuhan lecil),” kata Legislator Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu.(akb/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI