Pengelolaan Pasca Tambang PT Vale Diapresiasi Bank Indonesia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SOROWAKO– Komitmen PT Vale Indonesia Tbk dalam menjaga ekosistem lingkungan di areal operasional tambang mendapat apresiasi dari Kepala Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan, Causa Imam Karana, saat melakukan kunjungan ke area process plant, mining dan lahan pasca tambang, Kamis (20/01/2022).

Causa Imam Karana mengaku takjub dengan program keberlanjutan areal tambang yang diterapkan PT Vale Indonesia Tbk, apalagi pihaknya melihat langsung di areal pasca tambang kondisi penghijauan dikawasan tersebut.

Bahkan, dia mengakui, jika kondisi lahan tersebut sudah seperti hutan dikembalikan ke kondisi hutan sebelumnya.

“Tadi saya kunjungan ke lahan pasca tambang yang sudah dilakukan penghijauan Kembali, hutan yang sudah 15 tahun ditanami Kembali. Saya sangat takjub dengan program sustainable mining yg dilakukan PT Vale, sehingga lingkungan di sekitar tambang dan eks tambang tetap terjaga dan bisa dihutankan Kembali,” ujarnya.

Causa Imam Karana menuturkan, PT Vale sangat konsisten dalam pengelolaan lingkungan, tentunya ini patut menjadi contoh ditempat lain khususnya di wilayah Sulawesi Selatan. Apalagi, ada juga tanaman endemic juga dibudidayakan oleh PT Vale.

Tak hanya di sektor pengelolaan lingkungan PT Vale sangat berkomitmen, tapi juga Bank Indonesia mengapresiasi kepedulian sosial terhadap masyarakat melalui program padi organic dan pembentukan BumdesMa yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

“Saya apresiasi terhadap kepedulian sosial PT Vale, seperti pembinaan petani organic dan BumdesMa,”terangnya.

Causa Imam Karana memaparkan, kehadirannya ke PT Vale Indonesia Tbk untuk pertama kalinya dan juga sebagai bentuk apresiasi atas sinergi dan dukungan yang dilakukan PT Vale Indonesia selama ini.

Menurutnya, sebagai narsum FGD yang diadakan oleh Bank Indonesia. PT Vale beberapa kali menjadi salah satu narasumber khususnya untuk topik dan isu terkait pertambangan serta industri pengolahan, baik lingkup Sulsel maupun untuk asesmen Sulampua. Pada FGD tersebut, PT Vale menyampaikan data kinerja produksi dan target ke depan serta pengembangan yang telah, sedang, dan akan dilakukan.

  • Bagikan