Indonesia Kedatangan 2,9 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Merek AstraZeneca, Hibah dari Jerman dan Swedia

  • Bagikan
Ilustrasi vaksin covid-19

FAJAR.CO.ID, TANGERANG – Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19 pada Jumat (28/1). Sebanyak 2.968.000 juta dosis merek AstraZeneca tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Usman Kansong menyebut vaksin yang datang hari ini ialah hibah dari pemerintah Jerman dan Swedia.

“Kami atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan terima kasih sebesar-besar kepada pemerintah Jerman dan Swedia,” kata dia dalam keterangan persnya, Jumat (28/1).

Sebelumnya, pemerintah Jerman beberapa kali memberikan donasi vaksin kepada Indonesia. Misalnya, pemerintah negara beribu kota di Berlin itu mengirim vaksin Moderna sebanyak 2.389.400 dosis pada Rabu (22/12) lalu.Selanjutnya, pemerintah Jerman turut mengirim 2.688.000 dosis Moderna pada Jumat (24/12).

Usman menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 menjadi masalah global yang harus diatasi melalui kerja sama antarnegara. “Kerja sama antarnegara menjadi salah satu elemen penting untuk bersama mengatasi pandemi yang telah berlangsung sekitar dua tahun ini,” ujarnya.

Di Indonesia, lanjut Usman, upaya untuk meningkatkan dan mempercepat vaksinasi Covid-19 terus dilakukan.

Upaya itu jadi makin signifikan seiring meningkatnya lagi laju penularan, khususnya varian Omicron. Dia juga memastikan, vaksin yang datang Jumat ini akan secepatnya didistribusikan ke wilayah-wilayah yang membutuhkan.

Pemerintah pusat, kata Usman, terus mendorong pemerintah daerah mencapai target vaksinasi. Termasuk di dalamnya memberikan pemahaman dan ajakan kepada masyarakat yang masih enggan divaksin. “Terutama bagi kelompok lansia yang masuk kategori rentan dan berisiko tinggi,” kata dia. (jpnn/fajar)

  • Bagikan