Kagum Lihat Proses Tambang PT Vale, Dirjen Minerba Kementerian ESDM: Patut Jadi Percontohan

  • Bagikan

Pihaknya melihat, jika sejauh ini perusahaan tambang yang konsisten pada penggunaan komitmen terhadapat EBT barulah PT Vale.

“Hebat menurut saya, kita baru dengar presentasinya bahwa peluang-peluang perusahaan tambang untuk mengurangi emisi karbon itu ada. Tadi sudah dipetakan juga di sektor-sektor mana saja itu bisa dilakukan. Dan sekali lagi yang paling penting itu dibuat berdasarkan skenario badan usaha itu sendiri. Dan, saya baru kali ini melihat di PT Vale yang komitmen menerapkan EBT,”katanya disela-sela kunjungan.

Untuk itu, Ridwan Djamaluddin menyebutkan jika PT Vale memang sangat laik dijadikan contoh oleh perusahaan tambang lainnya sebagai perusahaan Green Mining.

“Kita bisa melihat satu sisi kegiatan penambangan, disisi lain kita sudah mulai melihat penanganan pasca tambang atau reklamasi. Disini terlihat PT Vale sangat menjaga keseimbangan antara aktivitas keekonomian jangka panjang. Tidak saja mendapatkan profit dari situ. Kemudian kita bisa melihat juga daerah-daerah yang sudah direklamasi mulai dari yang umurnya sebulan, tiga bulan, enam bulan. Ini salah satu yang dapat dijadikan contoh kaidah penambangan yang baik atau good mining practice,”ujarnya.

Menurutnya, PT Vale salah satu tambang besar yang sejarahnya sudah panjang. Tentu PT Vale telah mempunyai visi dan value sendiri bahwa industri pertambangan ini selain membawa manfaat bagi generasi sekarang, juga harus menjadi tempat yang bermanfaat juga bagi generasi yang akan datang.

“Sehingga ini salah satu contoh yang baik dan menjaga keseimbangan, agar kegiatan ekonomi yang membawa manfaat jangka pendek maupun kegiatan perlindungan yang sangat penting bagi generasi yang akan datang,”terangnya.

  • Bagikan