Kagum Lihat Proses Tambang PT Vale, Dirjen Minerba Kementerian ESDM: Patut Jadi Percontohan

  • Bagikan

Demikian pula disampaikan oleh, Deputi IV bidang Koordinasi Wilayah dan Tata Ruang, Kementerian Koordinator bidang Perekonomian sekaligus Ketua Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, Wisnu Utomo.
Wisnu Utomo mengungkapkan, jika apa yang dilakukan oleh PT Vale perlu diikuti oleh penambang yang lain. Pihaknya menilai PT Vale telah menerapkan pertambangan yang terintegrasi dengan baik.

“Saya lihat disini PT Vale sudah menerapkan yang namanya penambangan secara integrasi. Salah satunya PLTA Balambano. PLTA ini adalah energi terbarukan yang bisa dipakai untuk sebagai sumber energi dalam pemurnian dari tambangnya. Terus terang baru pertama kali saya datang ke pertambangan yang terintegrasi. Ini adalah salah satu contoh yang sebetulnya sudah dimulai di tahun 60-an. Tentunya ke depan kita harusnya mengembangkan terus. Saya ingin hal-hal seperti ini bisa diterapkan untuk beberapa area yang lain,”ungkapnya.

Wisnu Utomo memaparkan, PT Vale komitmen dalam rangka untuk mengembalikan dari area-area yang sudah ditambang supaya ekosistem dan lingkungannya juga terjaga.

“Saya disini secara langsung melihat apa yang dikenal dengan good mining practice. Jadi kemarin saya disampaikan penjelasan secara teori apa yang dikenal dengan good mining practice dan hari ini saya melihat secara langsung. Bahwa yang dikatakan good mining practice itu betul-betul dilaksanakan secara konsisten oleh PT Vale. Jadi disini saya juga melihat kegiatan PT Vale setelah dilakukan miningnya,”paparnya.

  • Bagikan