Pengembangan Wisata Lokal Sangat Tergantung pada Infrastruktur Dasar

  • Bagikan
Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Indonesia baru saja dinobatkan sebagai negara terindah di dunia oleh salah satu situs terkenal asal Inggris, Money.co.uk

Indonesia didapuk menjadi negara terindah di dunia karena terdapat lebih dari 17 ribu pulau, yang berarti memiliki lebih dari 50.000 km garis pantai, terumbu karang.

Juga menyuguhkan keindahan alam seperti hutan tropis di Sumatera dan Kalimantan. Serta memiliki sejumlah Situs Warisan Dunia UNESCO seperti Taman Nasional Komodo.

Keajaiban alam yang mempesona ini menjadi daya tarik besar bagi wisatawan dari penjuru dunia.

Anggota DPR RI Hamka B Kady mengamini hal tersebut. Sebagai negara tropis, Indonesia menjadi bak kepingan surga di bumi.

Semua tumbuh subur disini, alamnya yang kaya serta destinasi wisata yang memukau.

Yang menjadi catatannya adalah, pemerintah khususnya di daerah harus memberi perhatian lebih kepada sektor pariwisata di wilayahnya masing-masing.

Salah satunya memenuhi infrastruktur penunjang seperti akses jalan, konektivitas, hingga sarana dan prasarana lainnya.

Anggota Komisi V DPR ini mencontohkan potensi pariwisata di Sulawesi Selatan. Yang terpopuler di sana adalah Toraja dengan wisata budaya dan alamnya.

Toraja

Meskipun terdapat bandar udara yang belum lama ini diresmikan Presiden Jokowi, namun untuk sementara ini baru pesawat ATR yang bisa mendarat karena panjang lintasannya hanya 2.000 meter.

Untuk jangka panjang, pembangunan landasan pacu dikerjakan bertahap. Bukan tidak mungkin nanti jalur landasannya diperpanjang sehingga pesawat jenis Boeing bisa mendarat.

  • Bagikan