Layanan Perizinan Berkonsep Jemput Bola, Nelayan Bisa Buat Izin Usaha di Atas Kapal

  • Bagikan
Nelayan mendapatkan layanan izin usaha gratis di atas kapal. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, PROBOLINGGO -- Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jatim kembali melakukan roadshow pelayanan izin usaha ke berbagai pelaku usaha. Minggu lalu, DPMPTSP mendatangi pengusaha di Kabupaten Probolinggo. Rabu (16/3), layanan serupa dihelat di Pelabuhan Brondong, Kabupaten Lamongan, secara gratis.

Layanan perizinan berkonsep jemput bola bagi para pelaku usaha itu sukses disambut antusias. Mulai pengurusan SIUP, SIKPI, TDKP, NIB, SIPI, izin genset, SIPA permukaan, SIPA bawah tanah, dan konsultasi perizinan.

Kegiatan itu dihadiri Kepala DPMPTSP Jatim Aris Mukiyono dan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. Selain itu, Sigit Tri Atmoko, kepala Cabang Bank Jatim Lamongan serta Ibrahim, kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Lamongan.

”Ini merupakan rangkaian program dimana kami memberikan fasilitasi jemput bola langsung ke pelaku usaha. Hari ini (16/3) lokasinya di Pelabuhan Brondong Lamongan,” kata Aris.

Sebagai rangkaian pembukaan acara, Kepala DPM PTSP Aris Mukiyono memberikan secara simbolis perizinan yang telah terlayani kepada pelaku usaha. Dilanjutkan dengan peninjauan kapal nelayan di Pelabuhan Brondong.

”Karena tentu kalau bagi nelayan jika harus ke tengah kota mengurus izin terkadang sulit. Kami mencoba mendekatkan layanan. Ini sekaligus sesuai dengan arahan Ibu Gubernur yang memang menginginkan layanan yang diberikan pemprov itu cepat dan dekat,” papar Aris.

Berdasar data dari Pemkab Lamongan, di wilayah Pelabuhan Brondong ada sekitar 400 kapal nelayan. Dari jumlah itu sekitar 80–90 persen belum memiliki izin. Oleh sebab itu, program tersebut akan hadir di Pelabuhan Brondong Lamongan selama 3 hari. Dengan harapan layanan itu dapat dimaksimalkan para nelayan untuk mengurus izin.

  • Bagikan