Smart Panyingkulu, Program Strategis Danny Pomanto untuk Tata Ulang Persimpangan Jalan

  • Bagikan
Danny Pomanto.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Smart Panyingkulu masuk dalam program strategis Pemerintah Kota Makassar.

Smart Penyingkulu ini merupakan program khusus untuk menata ulang atau memperbaiki persimpangan-persimpangan jalan (cross road) yang ada di Makassar.

Istilah ini menjadi ciri khas Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dalam menggabungkan aksen lokal dengan menyuguhkan bahasa daerah dengan istilah asing.

“Kami dengan Bu Fatma ingin menyentuh hal-hal yang sederhana dulu, yaitu smart panyingkulu. Beberapa perempatan mau kita perbaiki. Semua tikungan itu kita perbaiki,” kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, dalam Rakorsus, Selasa (15/3/2022).

Apalagi, kata dia, selama ini banyak warga yang mengeluhkan kemacetan.

Berdasarkan hasil survei indeks kepuasan masyarakat yang dilakukan Campaign Research Consulting (CRC) pada 17-27 Februari 2022, kemacetan masuk urutan kelima masalah yang dinilai urgen oleh warga Makassar.

Lebih jauh dia mengatakan, dalam program smart panyingkulu, semua CCTV, kontrol iklan dan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (Etle) atau sistem lalu lintas akan diperbaiki.

“Semua sistem keamanan kita tetapkan disitu. Karena mengontrol keamanan yang baik seperti di cross road seperti ini atau panyingkulu,” ujarnya.

“Jadi orang tidak akan lagi menyeberang di perempatan karena ada iklan disitu. Nama jalan kita perbaiki. Semua kita perbaiki khusus untuk di cross road atau di perempatan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan untuk tahun ini smart panyingkulu ada tiga titik yang akan diperbaiki.

  • Bagikan