RS Otak dan Jantung Pertama di KTI Resmi Beroperasi, Erick Thohir: Ini Bukti BUMN Hadir untuk Ketahanan Kesehatan

  • Bagikan

"Rumah Sakit Pertamina Royal Biringkanaya merupakan langkah besar Pertamedika IHC sebagai Holding RS BUMN dalam meningkatkan ketahanan kesehatan nasional dengan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Indonesia Timur," ujar Erick dalam peresmian RSOJ pada Rabu (30/3/2022).

Pada peresmian tersebut, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menjelaskan pembangunan RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya ini bertujuan memberikan pelayanan kesehatan neurologi dan jantung unggulan untuk semua lapisan masyarakat dengan berbagai tingkat kesulitan, baik bagi pasien dari dalam maupun luar negeri.

Data 2021 menyebutkan 21.1% orang Indonesia meninggal karena stroke dan menjadi penyebab kematian nomor 1. Selain itu, prevalensi masyarakat Sulawesi Selatan yang menderita stroke sebanyak 17.0% atau tertinggi se-Indonesia.

Sebagai satu-satunya rumah sakit unggulan yang memberikan pelayanan kesehatan pada bidang neurologi, jantung, pembuluh darah, serta sistem persyarafan, rumah sakit ini disiapkan menjadi pusat rujukan pelayanan kesehatan Khusus Otak dan Jantung di Indonesia Timur. Sehingga dengan RSOJ, masyarakat di wilayah Maluku, Ambon, Manado, Papua, dan sekitarnya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai tanpa harus datang ke Jakarta atau keluar negeri.

Direktur Utama Pertamedika IHC Fathema Djan Rachmat menyampaikan rasa optimisnya terhadap peran RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya yang diharapkan mampu menjadi pusat rujukan nasional di Indonesia Timur.

“Sebagai garda terdepan kesehatan BUMN, Pertamedika IHC berkomitmen hadir di tengah masyarakat melalui RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya sebagai pelopor pelayanan kesehatan khusus Otak dan Jantung di Indonesia Timur dengan best quality service," ujar Fathema.

  • Bagikan