Puncak Perayaan Waisak, Permabudhi Sulsel Gelar Konser Loka Prabha

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Konser Waisak Loka Praba menjadi puncak perayaan waisak 2566BE / 2022 Sulawesi Selatan.

Konser ini dipersembahkan oleh Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Sulawesi Selatan, dihadiri sekitar 500an orang umat Buddha dan para simpatisan, di Hotel Claro, Makassar, Minggu, (22/5/2022).

Acara puncak perayaan Trisuci Waisak ini dipersembahkan dalam bentuk seni dan budaya untuk menghormati Sang Buddha.

Plt Dirjen Bimbingan Masyarakat Agama Buddha Kementrian Agama RI, Nyoman Suriadarma, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Ternyata cara kita untuk mengekpresikan waisak, berbagai macam cara. Ini pertama kalinya saya dapat konser waisak,” ucapnya dalam sambutannya.

Setelah dua tahun tidak mengadakan acara besar seperti ini, akhirnya tahun ini bisa terealisasi.

“Pandemi sudah banyak mengehentikan langkah kita, semua serba di rumah. Konser ini merupakan sebuah aktualisasi untuk berkolaborasi membangun kedamaian,” imbuhnya.

Menurutnya, peristiwa waisak banyak memberikan pelajaran. Ini sebuah proses panjang sebagai perjuangan Manusia.

“Sebuah perjuangan itu kita jadikan sebagai sebuah momentum. Menjaga keharmonisan. Umat Budha di tanah air. Boleh majelis kita beda, organisasi kita beda. Tapi ketika ada pekerjaan yang membutuhkan kita mari bersama-sama. Saya pikir ke depan kita lebih harmonis,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Permabudhi Sulsel, Yonggris Lao mengatakan, Buddha bukanlah sosok fisik, tetapi batin yang luhur yang hadir dalam diri setiap mahluk hidup.

  • Bagikan