Dulu Harus Tempuh 5 Km, Berkat Perintisan Jalan di Lokasi Ini, Akses Warga Lebih Dekat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,PANGKEP-- Akses jalan warga terhubung ke perkampungan yang selama ini cukup jauh dilalui.

Tokoh Masyarakat Kelurahan Balocci Baru, Muhammad, mengaku dengan adanya jalan yang dibuat oleh pengelola tambang ini, ia bersama puluhan warga lain yang bermukim di sekitar lokasi tersebut sangat terbantu.

Sebab katanya, selama ini akses jalan yang menghubungkan dua perkampungan harus menempuh perjalanan hingga 5 kilometer. Sementara semenjak jalan rintisan ini dibangun warga hanya melalui jalan sepanjang 1 kilometer saja.

"Kita sangat bersyukur karena jalan lebih dekat ke kampung di balik bukit-bukit itu. Dulunya kita harus memutar untuk masuk ke Kampung Napara sampai 5 km yang harus ditempuh. Sekarang sisa 1 km saja perjalanan kesana karena lebih dekat,"bebernya saat ditemui, Selasa (5/7/2022).

Muhammad yang juga Ketua Kelompok Tani mengaku selain dibangunkan jalan, irigasi ke areal persawahannya juga tetap dialiri. Bahkan ia juga akan meminta untuk dipasangkan pipa langsung ke sawah untuk pengairan.

"Jadi dengan dibangunnya jalan itu tidak menutupi aliran sungai. Buktinya sawah kita tetap kebagian juga dari aliran sungai ini. Bahkan kita mau minta dipasangkan nanti pipa langsung supaya lebih maksimal," jelasnya.

Sebelumnya diakui, akses jalan itu dibongkar lantaran adanya permintaan dari pihak-pihak terkait agar tidak menutupi aliran sungai.

"Itu sudah dibongkar tetapi kita minta tolong untuk dibangunkan kembali. Karena aliran sungai juga tidak tertutup. Tetap mengalir dan paling penting kita ada akses ke perkampungan yang ada disana dan akses ke areal perkebunan lebih dekat," paparnya.(fit)

  • Bagikan