Maros Dapat Bantuan 149 Ribu Pohon Kopi, Mallawa Dipusatkan Sebagai Sentra Kopi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Sebanyak 149 ribu pohon kopi diserahkan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan kepada Pemerintah Kabupaten Maros, Kamis,7 Juli di Desa Barugae Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros.

Bibit kopi itu selanjutnya diserahkan langsung kepada kelompok tani Mattiro Walie, di Desa Barugae, Kecamatan Mallawa dan dilakukan penanaman perdana bibit kopi.

Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari mengaku sangat berterimakasih dengan adanya bantuan bibit kopi dari Provinsi.

"Ini tentunya sangat membantu kami, apalagi saat ini kami tengah menggenjot komoditas kopi," katanya usai melakukan penyerahan bibit kopi dan penanaman perdana bibit kopi di Desa Barugae.

Dia juga mengatakan jika pihaknya menetapkan Mallawa sebagai sentra kopi.

"Ini sesuai visi dan misi kami. Dimana dari 14 kecamatan, itu setiap desa harus punya satu komoditas unggulan. Nah ternyata di Mallawa ada Desa yang menenam kopi. Sehingga kita menetapkan kalau Mallawa sebagai kota kopi khusus Kabupaten Maros" jelasnya.

Tak hanya dijadikan sebagai sentra kopi, dia juga akan menjadikan sebagai objek wisata kopi, kebun kopi, dan menjadi sarana edukasi kopi untuk masyarakat yang ingin mempelajari terkait kopi secara detail.

" Mudah-mudahan bibit kopi yang disalurkan hari ini tahun depan sudah bisa kita nikmati kopinya,"terangnya.

Dalam kesempatan itu Suhartina pun berpesan sebelum bibit kopi tersebut berbuah, agar sebisa mungkin para petani ini dibina terlebih dahulu agar nanti pada saat memasuki masa panen bisa menikmati hasil yang maksimal.

  • Bagikan