Qlue Siap Mengekspansi Bisnis di Korea Selatan Melalui Implementasi Solusi Smart City

  • Bagikan

Sebelumnya Indonesia juga telah menjajaki kerjasama bilateral melalui Joint Committee Meeting on Economic Cooperation (JCEC) dengan Korsel di awal tahun 2022. Kerjasama ini merupakan fokus Indonesia dan Korsel dalam bidang ekonomi dan bisnis. Targetnya, nilai kerjasama Indonesia dan Korea Selatan pada 2022 ini bisa mencapai angka US$ 30 Miliar atau sekitar Rp 400 triliun.

Melanjutkan kerjasama tersebut, Menteri Perhubungan, ITS Indonesia dan Qlue juga akan menggarap kerjasama dengan Korsel dalam bidang teknologi digital serta transportasi. Hal ini juga untuk mendorong pemanfaatan potensi ekonomi digital Indonesia yang diperkirakan akan tumbuh mencapai USD US$140 Miliar atau sekitar Rp2.051 triliun pada 2025.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, implementasi smart mobility yang menjadi salah satu pilar dalam teknologi smart city merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mendorong perekonomian Indonesia. Kerjasama yang dilakukan oleh ITS Indonesia ini akan membantu terciptanya Sistem Transportasi Cerdas di Indonesia yang terintegrasi dan inklusif bagi masyarakat dan akan berkontribusi untuk perekonomian masyarakat.

“Kerjasama ini juga merupakan komitmen dalam meningkatkan pembangunan Indonesia dalam aspek transportasi. Semangat kolaborasi ini juga tentu saja membuka peluang kerjasama yang lebih sinergis antar seluruh pemangku kepentingan. Pemerintah juga mendorong penuh inisiatif dari pelaku bisnis di Indonesia untuk menjalin kerjasama strategis seiring penandatanganan MoU ini,” ujar Menteri Budi.

  • Bagikan