Pemkot Parepare Tudang Sipulung Bersama Poktan Bahas Musim Tanam

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE -- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan menggelar Tudang Sipulung atau Tudang Laongruma bersama para petani. Tudang sipulung dalam rangka musim tanam 2022/2023 di Rumah Kembar, Kelurahan Wattang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Selasa (11/10/2022).

Hadir mewakili Wali Kota Parepare, Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP), Wildana. Tampak pula Wakil Ketua DPRD Parepare, Tasming Hamid, serta perwakilan dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Sulsel, Balai Sertifikasi Benih Bermutu Kabupaten Maros, Kepala BPS Kota Parepare, Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare, Camat Bacukiki dan Bacukiki Barat, para pengurus Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA), serta para Kelompok Tani.

Wakil Ketua KTNA Parepare dalam laporannya menyampaikan, hasil rembuk atau Tudang Sipulung KTNA untuk musim tanam 2022-2023.

“Mapalili, jatuh pada Kamis, 13 Oktober 2022, tabur benih, Senin 14 November 2022, Panen, 27 Februari 2023,” bebernya.

Kepala Dinas PKP, Wildana dalam sambutannya, mengatakan, acara Tudang Sipulung atau Tudang Laongruma merupakan tradisi petani yang membudayakan musyawarah untuk memecahkan masalah disektor pertanian. Salah satunya menentukan waktu tanam padi.

“Hari ini merupakan ajang silahturahmi, antara pemerintah daerah dengan para petani (kelompok tani). Tradisi ini dilakukan untuk bertukar pikiran dan berunding dalam rangka menemukan solusi permasalahan yang ada,” jelas Wildana saat menyampaikan sambutan Wali Kota Parepare.

  • Bagikan