Kemnaker RI Gencar Sosialisasi Terkait Produktivitas Ramah Lingkungan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Indonesia saat ini sedang fokus dalam program hijau atau ramah lingkungan, baik dalam pemanfaatan energi, ekonomi, maupun dalam segala aktivitas lainnya.

Untuk itu, Direktorat Bina Peningkatan Produktivitas Kemnaker RI, telah melaksanakan sosialisasi ‘Green Productivity’. Dilaksanakan di Novotel Grand Shayla Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 13 Oktober 2022.

Koordinator Pembinaan Kelembagaan,Astri Christafilia Litha mengatakan Indonesia merupakan negara anggota dari Asian Productivity Organization (APO). Indonesia saat ini dipercayakan APO untuk fokus dalam green productivity, atau produktivitas yang ramah lingkungan

Target utama yang akan dicapai kata dia, yakni mendukung pelaksanaan pembangunan berkelanjutan atau SGDs. Terutama konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab’, penanganan perubahan iklim dan ekosistem daratan.

“Tentu saja dalam mendukung pembangunan berkelanjutan ini, Indonesia harus memiliki sikap dan mental yang produktif, berpikir secara efektif dan efisien, komitmen, mempunyai kebiasaan yang ramah lingungan dan peduli terhadap lingkungan," ucapnya.

Sehingga ’green productivity’ bisa tercapai dan menjadi satu budaya yang harus kita kembangkan di Indonesia.

Pakar green productivity sekaligus Narasumber Green Productivity, Juniati Gunawan, Ph.D. mengatakan saat ini sangat suruasi progresif dalam mengadopsi dan menerapkan segala peraturan-peraturan internasional, baik dalam wilayah regional maupun yang lebih luas.

“Kita selalu catch up atau mengejar hal-hal terbaru, termasuk green producitivy ini. Jadi kita terus berusaha meningkatkan kompetensi atau capacity building di seluruh sektor. Tidak hanya di sektor swasta, tetapi juga di pemerintahan dan perguruan tinggi,” tuturnya.

  • Bagikan