Dua Kepala Desa di Eremerasa Puji Dukungan Sektor Pertanian Ilham Azikin

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BANTAENG -- Petani Bantaeng terus memperlihatkan perkembangan yang baik dan membanggakan. Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin melihat langsung perkembangan pertanian Cabe di batas Desa Barua dan Biangloe, Kecamatan Eremerasa, Rabu (2/11/2022).

Petani Cabe, Hanafi mengatakan, di lahan 1/2 hektar, petani di sana swadaya menanam cabe dengan bibit unggul. Dia menjelaskan, dengan modal Rp11 juta, hanya dalam dua kali panen sudah mengantongi keuntungan Rp17 juta.

"Modal kami Rp 11 juta, dalam dua kali panen kami meraup keuntungan Rp 17 juta," kata dia.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan niatnya untuk membentuk Komunitas Petani Cabe agar tidak ada permainan harga dari pedagang yang tentunya sangat merugikan petani. Meski masih menggunakan alat tradisional, petani di sana dapat merawat bibit cabe varian terbaik itu.

"Dari hasil panen kami yang menggembirakan kami ingin bentuk komunitas petani cabe agar tidak ada permainan harga. Petani disini masih menggunakan tenaga manual untuk itu kami berharap ada bantuan alsintan untuk menunjang kegiatan kami di sini," harap dia.

Kepala Desa Biangloe, Muh Rais mengatakan, kedatangan Bupati Bantaeng hari ini adalah wujud support kepada petani.

"Kedatangan beliau yang pertama beberapa waktu lalu untuk membasmi babi dan ke dua kita bisa melihat perkembangan produktifitas pertanian di Desa Barua," kata dia.

Dia mengatakan, kedatangan Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin menjadi penyemangat kepada masyarakat untuk menekuni sektor pertanian.

"Ini menjadi penyemangat bagi kami,
rencananya kedepannya setelah dibuat komunitas, lahan setengah hektar ini akan kita kembangkan dan jadikan ikon tanaman cabe di Bantaeng," kata dia.

  • Bagikan