E-Center of Excellent, Inovasi Cemerlang Wujudkan Kematangan UKPBJ Sinjai yang Proaktif dan Strategis

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID. SINJAI -- E-Center of Excellent kini hadir di Kabupaten Sinjai. Inovasi yang akan diluncurkan tanggal 10 November ini dirancang untuk mewujudkan kematangan Unit Kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Sinjai yang proaktif dan strategis.

E-Center of Excellent merupakan gagasan yang berbasis aplikasi yang menyajikan elektronik sistem informasi penilaian kinerja penyedia, laporan hasil monitoring keuangan dan tepra pengadaan barang dan jasa. Inovasi ini merupakan buah pikiran Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), Andi Syarifuddin yang saat ini mengikuti Diklat Kepemimpinan III oleh Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (PPSDM) Regional Makassar.

Syarifuddin mengaku mengusulkan inovasi sebagai proyek perubahannya karena UKPBJ Kabupaten Sinjai masih memerlukan upaya kolaborasi, inovasi dan strategis yang berorientasi pada kinerja dalam menciptakan dan menerapkan praktek terbaik dalam pengelolaan barang dan jasa.

Dalam praktiknya, UKPBJ Sinjai masih berada ada level kematangan rendah yaitu 4,4 persen. Kondisi ini disebabkan karena penilaian kinerja penyedia, pelaporan hasil monitoring keuangan dan pelaporan hasil tepra masih dilaksanakan secara manual pada masing-masing instansi. Sehingga jika ada permintaan dari stakeholder eksternal butuh waktu untuk menyelesaikan pelaporan tersebut.

Oleh karena itu, dengan hadirnya aplikasi E-Center of Excellent diharapkan sistem informasi penilaian kinerja penyedia dan pelaporan pengelola pengadaan barang dan jasa dilakukan secara akuntabel, efisien dan efektif dengan berkolaborasi beberapa pemangku kepentingan sehingga dapat mendorong kematangan UKPBJ Sinjai yang proaktif dan strategis.

  • Bagikan