Gelar Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, LP2M UNM Dorong Peneliti dalam Kolaborasi Internasional

  • Bagikan
WR I UNM, Prof Hasnawi Haris

"Kami juga berupaya agar inovasi yang di lakukan LP2M UNM adalah inovasi untuk pengembangan kapasitas kelembagaan dan SDM berbasis riset yang sesuai bahwa dosen bukan hanya mengajar tapi juga melakukan penelitian dan pengabdian," terangnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik UNM, Prof Hasnawi Haris mewakili Rektor UNM pada kesempatan tersebut membuka kegiatan seminar nasional sekaligus sebagai keynot speaker.

"Tradisi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat adalah tradisi yang tentu inherent sebagai masyarakat kampus yang tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan kita dalam melaksanakan Tri dharma perguruan tinggi," katanya.

Di UNM sendiri, kata Prof Hasnawi, indikator kinerja utama yang paling diprioritaskan adalah pengakuan hasil riset dan pengabdian kepada masyarakat yang artinya kehadiran dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat itu betul-betul di potret sebagai sebuah entitas.

"Perguruan tinggi semakin kuat dan hebat itu bisa dilihat sejauh mana kaitan antara aktivitas yang dilakukan tentu saja di lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka pencapaian indikator kinerja utama,"

Apalagi, lanjut mantan Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNM ini, capaian UNM selama terbentuknya LP2M pada 2019 mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun dengan melakukan langkah strategis ditengah masyarakat.

"Tentunya memang secara manajemen perguruan tinggi mulai level atas pimpinan universitas misalnya lembaga pendidikan dan pengabdian kemasyarakat sampai pada tingkat Prodi itu harus mengidentifikasi dan mengeksplorasi sumber pendanaan baru," jelasnya.

  • Bagikan