Wanti-wanti Lonjakan Harga Saat Lebaran, Danny Pomanto Instruksikan Tanam Cabai dan Bawang di Lorong

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Danny Pomanto (Foto: Arya/Fajar)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyebut harga dan bawang belakangan ini mulai naik. Ia pun mewanti-wanti jika kelak makin meroket menjelang lebaran.

Pria yang karib disapa Danny ini pun mengintruksikan penanaman sejuta lebih cabai dan bawang. Taktisnya, setiap lorong uang jumlahnya 1096, akan ditanami masing-masing 1000 polibag.

"Saya coba berhitung bagaimana jika di satu lorong ada 1.000 polibag, dengan 1.096 lorong jadi ada satu juta polibag untuk ditanami cabai dan bawang," kata Danny saat ditemui di kediamannya, Senin, (30/01/2023).

Wali Kota dua periode ini bilang, Dinas Perdagangan Makassar sudah memiliki aplikasi. Jadi sisa dioptimalkan dan selebihnya tinggal dikombinasikan saja.

"Makanya kita tanam cabai dan bawang, ini juga untuk antisipasi lebaran. Jadi harus menanam, kita sementara siapkan," tuturnya.

Program ini, kata Danny sangat penting. Jika harga atau inflasi tidak bisa dikendalikan, maka bisa memicu kemiskinan ekstrim.

"Kita belajar dari kota yang berhasil menekan inflasi dan tentu kita bisa. Makanya adaptasi ekonomi menjadi penting," ujarnya.

Diketahui, saat ini inflasi Makassar mencapai 5,81 persen, sementara pertumbuhan ekonomi 4,47 persen.

(Arya/Fajar)

  • Bagikan