Arifki Chaniago: Presiden Jokowi Tunda Reshuffle demi Keseimbangan Politik

  • Bagikan
Jokowi menghadiri Mandiri Investment Forum 2023 di Jakarta. Dia lalu terbang ke Bali untuk meresmikan Pasar Sukawati. (SETPRES)

"Jadi, apa pun kebijakan yang terbaik, masalah reshuffle sederhana. Untuk saya ulangin, sepenuhnya hak prerogatif presiden,” tegasnya.

Nasdem juga terus melakukan safari politik. Meski sudah membangun ”setengah” kesepakatan dengan PKS dan Demokrat, partai berlambang Mercy itu belum berhenti membangun komunikasi.

Paloh mengatakan, kunjungannya ke Golkar merupakan bagian dari silaturahmi antara partai pendukung pemerintah. ”Nasdem masih bagian yang tak terlepaskan bagi maju mundurnya pemerintahan Pak Jokowi,” ujarnya.

Dia menyebutkan, kebersamaan partai-partai pendukung pemerintah sangat penting. Terlebih di tengah tantangan yang tidak mudah.

Selain itu, Paloh mengungkapkan, kunjungan ke Golkar juga bagian dari kunjungan nostalgia. Sebab, Golkar merupakan rumah lama Paloh sebelum membentuk Partai Nasdem.

Disinggung soal pembicaraan politik, dia tidak menampik. Termasuk kans Nasdem merapat ke koalisi Golkar pada 2024. Paloh menyebut segala kemungkinan bisa terjadi. ”Mungkin KIB juga (bisa) bergabung dengan Nasdem kan? Jadi, probability, kemungkinan, itu masih terbuka,” tuturnya.

Paloh juga tak menampik soal kans safari lanjutan. Termasuk dengan PDIP. ”Keinginan untuk itu ada saja,” imbuhnya. Namun, dia menyebut perlu mencermati suasana kebatinan PDIP.

Sementara itu, Airlangga mengatakan, pertemuan dengan Paloh sejatinya bukan yang pertama. Dia mengaku sudah beberapa kali berkunjung ke kantor Nasdem. ”Sekarang kunjungan balasan. Tetapi, di antara pertemuan-pertemuan itu, kami sering berkomunikasi,” terangnya.

  • Bagikan