Forum Konsultasi Publik Rancangan RPD 2024-2026 dan RKPD Diharap Jadi Wadah Serap Saran Masukan

  • Bagikan
Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA).

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menggelar Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2024-2026 dan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 Kabupaten Sinjai.

Forum konsultasi publik yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dibuka langsung oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) di Ruang Pola Kantor Bupati, Rabu, (22/2/2023) sore.

Dia mengatakan bahwa, Pemerintah Kabupaten Sinjai wajib menyusun dokumen RPD Tahun 2024-2026, yang merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah jangka menengah pengganti RPJMD Tahun 2018-2023 yang masa berlakunya berakhir pada tahun 2023 ini.

Hal itu kata ASA, sesuai amanat dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2022 tentang penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah bagi daerah dengan masa jabatan Kepala Daerah yang berakhir Tahun 2023 dan daerah otonomi baru.

“Dokumen RPD ini akan digunakan oleh Pejabat Kepala Daerah sebagai pedoman penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” ungkapnya.

Bersamaan dengan itu, secara simultan masing-masing Perangkat Daerah diwajibkan juga untuk menyusun Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2024-2026 sebagai acuan dalam penyusunan Rencana Kerja (Renja) Tahunan Perangkat Daerah.

“Forum konsultasi publik yang kami laksanakan adalah salah satu tahapan penyusunan RPD, yang akan menjadi wadah untuk menyerap saran dan masukan dari pemangku kepentingan kepentingan pembangunan daerah,” ujarnya.

Bupati ASA menambahkan, rancangan awal RPD Kabupaten Sinjai Tahun 2024-2026 yang akan dipaparkan, telah dilengkapi dengan tujuan, sasaran, prioritas program dan proyeksi penyusunan pembangunan.

  • Bagikan