Kembangkan Teknologi Budidaya Kepiting dan Pertanian Hidroponik, FT Unhas Kerja Sama Osaka Institute of Technology

  • Bagikan

Fajar.co.id -- Demi optimalisasi dan memaksimalkan hasil-hasil budidaya kepiting dan pertanian hidroponik, Tim Peneliti Fakultas Teknik UNHAS mengembangkan Pendekatan Teknologi berbasis Articial Intellegent (AI) dan Internet of Things(IoT). Dalam pengembangan teknologi ini, Fakultas Teknik UNHAS menggandeng Osaka Institute of Technology (OIT) Jepang untuk melakukan Riset Kolaborasi. Pembiayaan Riset Kolaborasi ini sepenuhnya didanai oleh Pihak IOT Japang.

Untuk riset kolaborasi ini, Tim Peneliti Fakultas Teknik Unhas dipimpin langsung oleh Kepala Laboratorium Komputasi dan Jaringan Departemen Teknik Informatika FT Unhas, Dr.Eng. Muhammad Niswar, sedangkan dari Pihak OIT Japan, diketuai oleh Dr.Eng. Shigeru Kashihara, Kepala Lab Cyber-Human System, OIT.

Penelitian Kolaborasi ini juga melibatkan seorang Mahasiswa Prodi S2 Teknik Informatika, sdr Riswandi, dan seorang Mahasiswa Prodi S1 Tingkat Akhir, Sdr Juan Jimmy. Kedua Mahasiswa Departemen Teknik Informatika ini bergabung dengan Tim Mahasiswa di Lab Cyber-Human Sysyem di OIT Japan selama 1 Semester dengan dukungan pembiayaan dari JASSO.

Dalam rangka memonitoring Progres Riset Kolaborasi ini, Dekan Fakultas Teknik Unhas, Prof. Dr. Eng. Muhammad Isran Ramli melakukan visitasi langsung ke Laboratorium Cyber-Human System di OIT beberapa waktu yang lalu, 2 Pebruari 2023. Dalam visitasi ini, Dekan FT Unhas, dibersamai oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Amil Ahmad Ilham, PhD., Ketua Tim Penelitian Kolaborasi dari FT Unhas, Dr.Eng. Muhammad Niswar, dan Prof. Rudi Djamaluddin selaku PIC Kolaborasi FT Unhas Wilayah Jepang.

  • Bagikan