Rektor UIN Makassar: AICIS Momentum Pengarusutamaan Peran Muslim Membangun Perdamaian Global

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID- Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis menghadiri Annual Internasional Conference On Islamic Studies (AICIS) ke 22 di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Dalam ajang bergengsi Kemenag RI ini, mantan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga itu menjadi pembahas dalam sesi pararel bertajuk Reinterpretation of fiqh and tafsir on violence and terroism.

Prof Hamdan Juhannis menegaskan AICIS ke 22 dengan tajuk rekontuaklisasi fiqh untuk kemanusiaan dan perdamaian global sebuah keniscayaan saat ini sebagai penguatan nilai nilai kemanusiaan.

"Ini momentum terbaik untuk bisa melakukan pengarusutamaan peran muslim Indonesia untuk membangun perdamaian global," tegas Penulis Buku Melawan Takdir itu saat ditemui di lobby Pascasarjana UIN Surabaya, Rabu (3/5/2023).

Tentunya kata Guru Besar Sosiologi Pendidikan itu, peran Akademisi Perguruan Tinggi Keagamaan bisa berkontribusi mewujudkan Dunia yang damai dengan pemahaman fiqh yang tekstual.

Sebagai informasi, gelaran AICIS ke-22 ini dibuka langsung Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas di Gedung Multipurpose dan Sport Center, Kampus I UIN Sunan Kalijaga, Selasa (2/5/2023).

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari terhitung 2 sampai 4 Mei 2023 di Kampus II UIN Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur.

  • Bagikan