13 Kelurahan Keciprat Anggaran Rp200 Juta dari Pemkab Sinjai

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Tahun 2023 ini alokasi anggaran untuk dana kelurahan di Kabupaten Sinjai sebesar Rp. 2,6 milyar. Jumlah ini diperuntukkan untuk 13 kelurahan yang tersebar di 7 kecamatan.

Kepala Bagian Pemerintahan Setdakab Sinjai, Andi Veronika Amier, saat ditemui di Ruang Kerjanya, Rabu (14/6/2023) mengatakan bahwa jumlah dana yang diperoleh masing-masing kelurahan di Sinjai sama besarnya yakni sebesar Rp. 200 juta.

Dana kelurahan ini fokus untuk meningkatkan percepatan pemerataan pembangunan di kelurahan dan menunjang kesejahteraan masyarakat.

“Untuk tahun ini dana kelurahan yang bersumber dari APBD Kabupaten Sinjai jumlahnya sama rata disetiap kelurahan. Dana ini dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di kelurahan,” jelasnya.

Mekanisme pemanfaatan dana kelurahan ini, kata Veronika, berdasarkan Permendagri Nomor 130 tahun 2018, dimana anggaran kelurahan ini diperuntukkan untuk kegiatan pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat kelurahan.

Khusus untuk tahun 2023 ini dana kelurahan sebagian besar dimanfaatkan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Jika tahun lalu dana kelurahan sebagain besar untuk pembangunan sarana dan prasarana, maka dana kelurahan tahun ini sebagian besar untuk program pemberdayaan masyarakat,” ucapnya.

Ia mencontohkan, program pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan kader posyandu, pelatihan kader PKK, pembiayaan untuk mendukung program nasional dalam bidang kesehatan yaitu pemberian makanan tambahan untuk penderita stunting dan ibu hamil serta kegiatan pemberdayaan lainnya.

  • Bagikan