Berikan Rasa Aman, Bupati ASA Perintahkan Pasang Rambu Suar di Laut

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Bidang Laut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sinjai memasang 1 unit rambu suar di tiang menara suar yang berada di antara Pulau Burungloe dan Pulau Kambuno, Kecamatan Pulau Sembilan, kemarin. 

Sekretaris Dishub Sinjai, Abdu Rahman mengatakan, pemasangan rambu suar merupakan perintah langsung Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) agar dapat memberikan rasa aman dalam aktivitas pelayaran di laut.

Sebelumnya di lokasi tersebut memiliki rambu suar, namun karena alatnya sudah tidak berfungsi lagi.

“Karena ini perintah langsung Bapak Bupati, kami mencoba mengajukan permohonan bantuan rambu suar di Kantor Navigasi Distrik Makassar. Alhamdulillah kami diberikan dan rambu suar itu sudah kami pasang di Pulau Burungloe, Kecamatan Pulau Sembilan,” jelasnya.

Sekedar informasi, rambu suar adalah sarana bantu navigasi pelayaran tetap yang bersuar dan memiliki jarak yang tampak sama atau lebih dari 10 mil laut.

Fungsinya yakni dapat membantu para navigator adanya bahaya/rintangan navigasi antara karang lain, air dangkal, dan bahaya terpencil serta menentukan posisi dan/atau haluan kapal. (sir) 

  • Bagikan