Promosi Event di Surabaya, Persiapan F8 Capai 90 Persen

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 akan dilangsungkan pada 23-27 Agustus mendatang.

Kota Surabaya menjadi kota terakhir tujuan promosi F8 tahun ini dalam agenda Makassar Direct Sale (MDS) Dinas Pariwisata.

Sebab untuk kota tujuan MDS selanjutnya berlangsung pada September mendatang, artinya hajatan akbar di Kota Makassar ini sudah berlangsung.

Direktur PT Festival Delapan Indonesia Sofyan Setiawan mengatakan, Kota Surabaya diharapkan ikut berpartisipasi di F8.

Partisipasinya bisa dalam bentuk pemasangan booth atau ikut mengirimkan talenta di bidang seni dan budaya.

"Surabaya jadi salah satu kota target, semoga bisa ikut tampil di F8 menunjukkan seni, budaya dan juga kuliner, begitu juga masyarakatnya semoga bisa ikut," ucap Sofyan Setiawan di Hotel Santika Premiere Gubeng, Surabaya, Jumat (4/8/2023).

Wawan-sapaannya memaparkan, jumlah pengunjung pada F8 tahun 2022 lalu mencapai 724 ribu dengan jumlah transaksi Rp32 miliar.

Sementara tahun ini ditarget 5 juta dengan estimasi transaksi Rp74 miliar.

Sejak hadirnya F8, event ini memberikan banyak dampak positif, baik untuk masyarakat, industri, maupun komunitas.

Mulai dari okupansi hotel dan penginapan diatas 20 persen, 200 komunitas lokal, 1200 seniman lokal dan nasional.

Kemudian melibatkan 500 UMKM lokal, 50 korporasi, 30 negara sahabat, 0 kecelakaan, dan 100 persen dilakukan oleh lokal timwork.

"F8 sudah jadi panggung nasional, tahun ini kami coba ciptakan sejarah untuk bergerak lebih maju lagi dengan memberikan warisan, tahun ini jadi tahun terakhir F8 di KEN, selanjutnya semoga bisa jadi event internasional," tuturnya.

  • Bagikan