Pagi-pagi, Nurdin Halid Irup Upacara Peringatan Hari Koperasi ke 76 tingkat Kabupaten di Maros.

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS - Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid menjadi inspektur upacara Hari Koperasi Nasional ke-76 di lapangan upacara kantor Bupati Maros, Senin (7/8/2023) pagi.

Nurdin menyerahkan penghargaan kepada Bupati Maros Chaidir Syam atas konstribusinya memajukan koperasi di daerah berjuluk Butta Salewangan.

Pada kesempatan itu, Nurdin mengapresiasi Pemkab Maros yang melakukan upacara peringatan Hari Koperasi Nasional.

Nurdin mengatakan, baru kali ini dirinya menghadiri peringatan Hari Koperasi di sebuah kabupaten.

Biasanya kata dia, peringatan Hari Koperasi hanya dilaksanakan di tingkat provinsi. Menurutnya, hal ini merupakan komitmen Bupati Maros Chaidir Syam untuk memajukan koperasi di daerahnya.

"Sudah 20 tahun lebih saya memimpin Dekopin, baru kali ini peringatan Hari Koperasi dilaksanakan di sebuah kabupaten," kata Nurdin disambut tepuk tangan meriah hadirin.

Nurdin mengatakan, bahwa koperasi sudah menjadi perekonomian nasional. Koperasi pertama kali dicetuskan oleh Bung Hatta pada 1945.

Makanya, peringatan Hari Koperasi tidak hanya jadi seremonial semata, tetapi menghayati cita-cita nasional yang dicetuskan Bung Hatta.

Nurdin juga memberi wejangan kepada Bupati Maros Chaidir Syam untuk tidak ragu dalam mengambil kebijakan soal koperasi.

"Misal kalau Pak Bupati mau hanya koperasi yang mendistribusikan pupuk ke petani, itu bisa, tidak ada malasah karena koperasi adalah konstitusi," katanya.

"Dan mudah-mudahan dengan kemauan keras Pak Bupati, Maros bisa menjadi kabupaten koperasi," pungkasnya.

  • Bagikan