UIN Alauddin Gelar Workshop Penyusunan Pedoman Integrasi Keilmuan Berbasis Moderasi Beragama

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- UIN Alauddin Makassar menggelar Workshop Penyusunan Pedoman Integrasi Keilmuan Berbasis Moderasi Beragama di Hotel Four Point by Sheraton, Kota Makassar pada 22 sampai 24 Agustus 2023.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber dari luar UIN Alauddin, dr Flori Ratna Sari Ph D dari UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Prof Dr Mudjia Rahardjo M Si dari UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, serta Dr Agus Afandi, M Fil I dari UIN Sunan Ampel, Surabaya.

Adapun narasumber internal, Dr Norman Said MA, Drs Wahyuddin Halim MA Ph D, Dr Barsihannor M Ag, serta Dr Alwan Suban M Ag.

Ketua Panitia kegiatan, Dr M Yusuf T M Ag menjelaskan program ini sesuai dengan poin workshop, yakni digelar untuk memenuhi kebutuhan penyusunan pedoman integrasi keilmuan berbasis moderasi beragama.

"Pedoman ini mencakup Tridharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan, serta Pengabdian Kepada Masyarakat," katanya.

Sementara itu imbuh dia, hasil dari workshop ini berupa draft buku pedoman implementasi integrasi keilmuan berbasis moderasi beragama dalam lingkup UIN Alauddin.

"Peserta kegiatan ini dari kalangan dosen representasi dari semua fakultas berjumlah 40 orang. Kita berharap kegiatan ini menghasilkan buku pedoman yang memudahkan Prodi-prodi menyusun kerangka teknis pengintegrasian disiplin ilmu yang menjadi core disiplin ilmunya masing-masing dengan keilmuan Islam yang menjadi wider mandate perubahan IAIN menjadi UIN. Tentu saja nilai-nilai moderasi beragama menjadi core values pedoman tersebut," jelasnya.

  • Bagikan