Sosiologi dan DKV UNM Jalin Kerja Sama dengan Monash University, Pererat Hubungan Pelaut Bugis-Makassar dan Penduduk Australia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Program Studi Sosiologi dan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UNM menjalin kerjasama Global Encounters & First Nation Peoples Monash Indigenous Studies Center, Monash University Australia.

Dalam kerjasama tersebut dilakukan penandatanganan kerja sama dilakukan di Gedung Pinisi UNM, Makassar, Selasa (12/9/2023). 

Adapun pihak-pihak yang melakukan penandatanganan di kerjasama tersebut dari pihak Program Studi Sosiologi UNM diwakili oleh Dekan FIS-H dan Dekan FSD UNM, Prof. Dr. Jumadi dan Dr. Tangsi, M.Sn. Sementara dari pihak Monash oleh Prof. Lynette Russel.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Kuliah Umum (Public Lecture) oleh Tim Global Encounters & First Nation Peoples, yang terdiri atas Prof. Lynette Russel, Dr. Leonie Stevens, Dr. Leigth T.I. Penman, dan Dr. David Haworth.

“Global Encounters & First Nation Peoples merupakan pusat studi penduduk pribumi (Indigenous studies center) di Monash Unversity Australia yang saat ini sedang melakukan penelitian,” tulis keterangan yang diterima Fajar.co.id, Selasa (12/9/2023).

“Menelusuri sejarah panjang relasi sosial antara nelayan tripang dan pelaut Bugis-Makassar dengan penduduk asli Australia, yaitu orang Aborigin,” lanjut keterangan tersebut.

Adapun temuan awal dari peneltian tersebut yang kemudian disampaikan pada kuliah umum, sembari menggali informasi tambahan dari akademisi UNM. 

Dan untuk tahap aspek sosiologi, antropologi, seni-budaya maupun sejarah untuk memperkuat dan memperkaya data-data yang sudah ada.

  • Bagikan