Hari Tani Nasional, Ahmad Husain Minta Pemerintah Beri Kuota Gas LPG untuk Petani

  • Bagikan
Ahmad Husain

FAJAR.CO.ID, TAKALAR -- Ahmad Husain, seorang petani muda di Galesong, Kabupaten Takalar, berharap pemerintah dapat memperhatikan dan memberi solusi atas masalah petani.

Utamanya masalah kebutuhan akan gas LPG pada musim tanam ke-3. Di mana pada musim ini, kebutuhan petani untuk gas sangatlah besar, karena digunakan sebagai bahan bakar mesin pompa air.

Hal tersebut disampaikan Ahmad Husain di momen Hari Tani Nasional, Minggu, 24 September 2023.

Semangat petani untuk bekerja di MT-3 perlu didukung pemerintah. Salah satunya menyediakan stok bahan bakar gas untuk mesin pompa air petani. Karena di musim ini, petani mengandalkan sumber air sumur untuk mengairi sawah.

Ahmad Husain menjelaskan bahwa konversi bahan bakar ke Gas ini sudah berjalan sekitar 6-7 tahun di kampungnya. Dengan adanya kemudahan ini, sawah-sawah bisa kembali ditanami padi di musim kering.

Saat ini, petani memanfaatkan pasokan gas yang ditujukan untuk keperluan rumah tangga, untuk digunakan di sawah.

Hal itu dilakukan demi menekan biaya operasional petani dalam pengairan sawah.

Dengan kondisi tersebut, konsumsi gas LPG yang meningkat mengganggu sektor pemakaian rumah tangga. Tak jarang dilihat jika di pangkalan atau di agen terdapat antrean atau kerumunan untuk bisa membeli gas LPG.

"Oleh karena itu, kita berharap pemerintah bisa memperhatikan hal ini, sehingga ke depan bisa diadakan kuota gas untuk petani, dalam hal ini untuk keperluan musim tanam ke-3 atau musim peralihan," harap Ahmad Husain.

Ahmad Husain juga mendorong pemerintah untuk terus membantu petani dalam adaptasi teknologi, utamanya pada pemanfaatan energi baru dan terbarukan.

  • Bagikan