Pameran Seni Rupa Art Makassar, Dorong Seni Rupa Sebagai Sub Sektor Ekonomi Kreatif Unggulan

  • Bagikan
Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem (Foto: Arya/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Pariwisata Kota Makassar menggelar Pameran Seni Rupa Art Makassar.  Mengusung tema Taste.

Pagelaran seni itu dihelat di Etika Studio, Jalan Karunrung, Makassar. Selama dua hari mulai  tanggal 29 hingga 30 September 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Makassar, Muhammad Roem mengatakan kegiatan tersebut bukti berkembangnya seni di Makassar. Terkhusus pasar seni.

Apalagi, kata Roem, ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor penggerak ekonomi saat ini di Makassar. Hal itu ditandai dengan diakunya Makassar sebagai kota kreatif sub sektor kuliner.

“Berdasarkan hasil uji petik Pemerintah Pusat melalui Kemenparekraf, telah ditetapkan Makassar jadi kota kreatif sub sektor kukiner,” kata Roem saat pembukaan Pameran Seni Rupa Art Makassar di Etika Studio, Jumat (29/9/2023).

Ia mengungkapkan, ada empat sektor ekonomi kreatif saat ini yang jadi unggulan di Makassar. Yakni fashion, musik, dan kriya.

“Bagaimana yang lain? Itu akan jadi gerbong utama pertama, kuliner. Sama hari ini, ketika temanya east. Saya bersyukur sekali east ini berangkat dari tagline Kota Makan Enak. Bayangkan kulinernya masuk, dan akan membawa sub sektor lain,” jelasnya.

“Pelan-pelan kita masuki yang jadi unggulan dulu. Yang dipantik sedikit sudah terbakar, itu di Kuliner, fashion, musik, kriya,” sambungnya.

Roem menyebut, untuk memacu perkembangan ekonomi kreatif seni rupa, pemerintah mesti tahu perannya. 

“Kita harus jadi fasilitator dan regulator,” terangnya.

Ketika sektor ekonomi kreatif makin bagus, maka pelaku di dalamnya pun akan berdampak. Termasuk di seninrupa. 

  • Bagikan