Hari Ini Diperiksa Terkait Dugaan Pemerasan, Ketua KPK Firli Bahuri Minta Pemeriksaan di Bareskrim Polri

  • Bagikan
Ketua KPK Firli Bahuri

FAJARA.CO.ID - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri diagendakan jalani pemeriksaan hari ini Selasa 24 Oktober 2023 sebagai saksi dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Sebelumnya, Firli mangkir dari panggilan pertama yang dijadwalkan pada 20 Oktober lalu di Polda Metro Jaya.

Kini, beredar informasi di kalangan wartawan melalui pesan WhatsApp bahwa Firli Bahuri meminta agar pemeriksaan terhadap dirinya dilakukan di Bareskrim Polri pada Senin 24 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB.

Permintaan Firli Bahuri itu melalui surat yang tertulis bersumber dari Dirreskrimsus Polda Metro berisi keterangan bahwa Penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro telah menerima surat dari Pimpinan KPK tertanggal 23 Oktober 2023 yang ditujukan kepada Dirtipidkor Bareskrim Polri dan Dirreskrimsus Polda Metro Jaya selaku penyidik.

Pokoknya surat tersebut adalah memohon agar mengizinkan pemeriksaan atau permintaan keterangan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri sebagai saksi (merujuk pada surat panggilan penyidik sebelumnya, Jumat (20/10) dapat dilaksanakan pada Selasa, tanggal 24 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB bertempat di Kantor Bareskrim Polri.

Dalam keterangan tersebut, juga disampaikan bahwa Dirreskrimsus Polda Metro menindaklanjuti permintaan tersebut dengan melakukan koordinasi kepada Dirtipikor Bareskrim Pol untuk melaksanakan pemeriksaan atau permintaan keterangan sebagai saksi terhadap Firli Bahuri pada Selasa tanggal 24 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB.

Menanggapi itu, Mantan penyidik KPK Yudi Purnomo menilai permintaan Firli Bahuri untuk diperiksa di Bareskrim Polri sebagai permintaan yang wajar dan diperbolehkan.

  • Bagikan