Huadi Group Dominasi Serap Karyawan Lokal dan Rekrutmen Terbuka

  • Bagikan

Para pelamar kerja yang sudah terdata, dibagi sesuai kompetensi masing - masing untuk ditempatkan pada tenant-tenant atau perusahaan yang ada di Kawasan Industri Bantaeng, sesuai kebutuhan secara pendataan akhirnya diperoleh persentasi calon tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian masih sangat banyak.

"Ada sekitar 37 persen yang masih belum memiliki keahlian, dan banyak dari masyarakat sekitar perusahaan dapat dilihat di statistik yang terdapat di web CTK. Kami harus bekerja ekstra dalam penyiapan tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian karena kesadaraan terhadap bekerja dalam satu institusi tidak ada dalam pemahaman mereka. Cara bekerja yang tidak aman tidak dipahami secara keilmuan dan juga tentang kesadaran terhadap budaya bekerja aman," sahut Lily

Selain itu, kata Lily, dalam perusahaan tentunya ada rambu-rambu yang wajib taati bagi seluruh karyawan. Meski demikian, bukan tidak mungkin kecelakaan terjadi, apabila ada kelalaian.

"Kecelakaan dapat dianalogikan seperti berkendaraan di jalan raya. Walaupun rambu dan petunjuk sudah ada, tetap saja ada kemungkinan kecelakaan jika pribadi lalai," ujarnya.

Apalagi, perekrutan sebelumnya tidak melalui sistem. Tidak heran banyak beresiko kecelakaan kerja, akibat kurang kemampuan tenaga kerja memahami rambu dan petunjuk keselamatan kerja.

"Saat ini perusahaan mulai melakukan ketegasan terhadap pelanggaran aturan keselamatan kerja, dengan sanksi untuk tujuan keselamatan dan kesehatan bersama," pungkasnya.

Perusahaan bertanggung jawab dengan pekerjanya. Salah satu kewajiban yaitu asuransi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. BPJS Ketenagakerjaan dan kesehatan menjadi hak pekerja sehingga jaminan keselamatan dan kesehatan kerja tetap tercover.

  • Bagikan