PPK Ormawa Maperwa UNM, Kepala Desa Tarowang, dan BPTH Wilayah II Kompak Tanam Ratusan Pohon

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JENEPONTO -- Ada yang spesial dalam pelaksanaan kegiatan Jumat Bersih di Desa Tarowang pada Jumat, 3 November 2023. Pasalnya, kegiatan yang biasanya hanya dilakukan oleh masyarakat desa untuk membersihkan pekarangan desa, kali ini agenda tersebut dirangkaikan dengan penanaman ratusan pohon di wilayah Desa Tarowang yang juga dihadiri oleh Camat Tarowang, serta masyarakat dari luar Desa Tarowang.

Bibit pohon yang ditanam adalah bibit berkualitas hasil produksi Persemaian Permanen Unit Gowa dengan berbagai macam jenis pohon, di antaranya glodokan tiang, ketapang kencana, pucuk merah, dan tabebuya yang ditanam di sekitaran wilayah desa tarowang.

Muh. Riyadh Ma’arif selaku Ketua Tim PPK Ormawa Maperwa UNM menjelaskan bahwa agenda penanaman ratusan pohon yang dilakukan pada Jumat Bersih kali ini sebagai bentuk usaha nyata untuk mengimplementasikan lingkungan Desa Tarowang yang hijau, asri, dan nyaman. Dia juga menyampaikan bahwa gerakan ini sebagai bentuk penyadaran moral kepada masyarakat desa agar lebih pekaterhadap isu lingkungan.

“Jadi ini kegiatan adalah hasil diskusi dari teman-teman Tim PPK Ormawa Maperwa UNM bersama Kepala Desa Tarowang Pakde Sila untuk membangun lingkungan desa yang lebih hijau, asri, dan nyaman. Sekaligus agenda ini juga sebagai momentum untuk menyadarkan masyarakat agar lebih aware terhadap kesehatan lingkungannya,” ujar Riyadh, Jumat (03/11).

Kepala Desa juga menyatakan bahwa agenda ini merupakan sebagai bentuk realisasi penataan ruang publik yang hijau dan cekatan terhadap musibah alam agar masyarakat bisa merasa aman, sehat, dan nyaman. Apalagi lokasi penanaman berada di area taman yang akan dijadikan sebagai pusat kebugaran masyarakat desa. Pakde Sila sapaan akrab Kepala Desa Tarowang juga mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa UNM (Tim PPK Ormawa Maperwa UNM) karena sudah membantu desa untuk merealisasikan program penanaman.

  • Bagikan