Wajah Ekonomi Warga Bantaeng Berkat Huadi Group

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BANTAENG -- Meski Indra Jaya tak mewakili potret seluruh masyarakat Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan. Namun, kisah Indra Jaya alias Tyson adalah gambar wajah ekonomi warga Bantaeng pasca PT Huadi Nickel Alloy Indonesia (HNAI) beroperasi.

Lulusan Madrasah Aliyah ini lahir dari keluarga yang berada di bawah garis kemiskinan. Nama panggilan Tyson muncul karena wajah semasa kecil mirip Mike Tyson, petinju legendaris digelari Si Leher Beton.

Rumahnya tak lebih dari anyaman seng bekas sudah berkarat. Bahkan rumah itu berdiri di tanah milik orang lain. Bapaknya hanya pekerja serabutan membuka bengkel tambal ban ala kadarnya. "Pemasukan utamanya keluargaku dari bengkel ji'," ungkapnya.

Agar bisa mendapatkan pemasukan tambahan, pekerjaan menambal ban lalu diambil alih oleh ibunya. Sementara bapaknya mencari pekerjaan tambahan sebagai pembajak sawah saat musim tanam padi. Ia menjadi juru traktor milik orang lain dengan bayaran dibagi dua dengan si pemilik traktor. Kemudian mengembalakan sapi milik orang lain. Upaya ini dilakukan untuk bisa membuat dapur tetap mengepul.

Paska menamatkan sekolah di tingkat menengah atas, Tyson hanya menganggur. Aktivitasnya nongkrong layak kebanyakan pemuda tanggung sebayanya. Ia malah dicap sebagai beban keluarga oleh masyarakat setempat. Ia acapkali dibanding-bandingkan dengan kakaknya bersekolah lebih tinggi darinya.

"Saya pernah diusir sama mamaku dari rumah karena pas tamat sekolah tidak ada mau kukerja. Cuma mau nganggur saja. Jadi lari ma' ke Makassar," terangnya.

  • Bagikan