Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak Hadiri Pelepasan Peserta PKP Angkatan I dan II Tahun 2023

  • Bagikan

Fajar.co.id, Makassar -- Pelepasan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan I dan II Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kemenkumham Sulsel) Liberti Sitinjak pada Rabu (15/11/2023).

Kegiatan ini bertempat di Auditorium Hasanuddin LAN RI Makassar, diikuti oleh peserta PKP Angkatan I dan II sebanyak 80 orang peserta, dimana masing-masing angkatan berjumlah 40 orang peserta.

Kepala Badan Pengembangan SDM Hukum dan HAM Kemenkumham RI Iwan Kurniawan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para peserta yang telah menyelesaikan PKP ini. Iwan menyampaikan bahwa sebagai seorang pemimpin harus memiliki kemampuan yang dikenal dalam 3T yaitu Thinking Ahead, Thinking Again, dan Thinking Across. Kemampuan 3T ini diyakini dapat menciptakan kepemimpinan yang dinamis di dalam menghadapi kehidupan organisasi agar semakin adaptif terhadap perubahan.

“(1) Thinking Ahead adalah kemampuan untuk melihat secara dini tanda-tanda perkembangan yang dapat mempengaruhi misi dan efektivitas sebuah institusi. Kemampuan untuk berpikir ke depan akan memungkinkan organisasi itu untuk memahami strategi-strategi dan kebijakan-kebijakan untuk beradaptasi terhadap lingkungan yang berubah; (2) Thinking Again adalah pertimbangan ulang dan menemukan ulang kebijakan-kebijakan dan proses-proses yang saat ini berfungsi ketika lingkungan berubah untuk mencapai hasil yang lebih baik; dan (3) Thinking Across adalah kemampuan untuk melewati batas-batas dalam belajar dari pengalaman pihak lain, mengakui bahwa gagasan-gagasan, sistem-sistem dan pengalaman-pengalaman pihak lain dapat mengandung pelajaran yang dapat diadaptasi untuk suatu organisasi untuk mencapai hasil yang baru atau berbeda,” papar Iwan.

  • Bagikan