Polisi Amankan Ribuan Knalpot Brong Sepanjang 2023, Siap Jadi Ikon Baru di Kota Makassar

  • Bagikan
Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib memperlihatkan BB knalpot brong yang diamankan oleh pihaknya (Foto: Muhsin/fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Polrestabes Makassar mengambil tindakan tegas terhadap ribuan knalpot brong yang melanggar aturan sepanjang tahun 2023. 

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib, mengungkapkan, pihaknya berhasil mengamankan ribuan knalpot brong dari kendaraan roda dua dan roda empat yang dianggap nakal.

Dalam rincian jumlah, diketahui bahwa sebanyak 4.665 knalpot brong berasal dari sepeda motor, sementara 230 lainnya berasal dari mobil. 

Tindakan ini merupakan bagian dari upaya penegakan aturan lalu lintas dan kedisiplinan pengguna jalan di Kota Makassar.

"Ini semua barang bukti telah diamankan di Mapolrestabes Makassar. Sudah ada yang mengambilnya juga," ujar Ngajib, Rabu (13/12/2023). 

Dituturkan Ngajib, barang bukti (BB) knalpot bogar atau brong semua diamankan di Mapolrestabes Makassar. 

"Rencananya akan dibuatkan patung knalpot di kota Makassar. Supaya jadi icon agar masyarakat memahami kalau penggunaan knalpot brong itu dilarang," Ngajib menuturkan.

Ngajib menyebut, penggunaan knalpot brong berdampak pada kecelakaan. Untuk itu, dirinya mengimbau agar tidak menggunakan knalpot bising tersebut. 

"Kami mengimbau seluruh masyarakat agar tidak menggunakan knalpot bersuara bising. Gunakan knalpot standar. Kemudian tidak ada lagi masyarakat yang melakukan balap liar," tukasnya. 

Termasuk dikatakan Ngajib, aksi freestyle yang baru-baru ini menarik perhatian Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Krishna Murti. 

"Termasuk kegiatan-kegiatan lainnya seperti Freestyle dan juga kami mengimbau kepada masyarakat agar taat berlalulintas," tekannya. 

  • Bagikan