Hari Bahasa Arab Sedunia, Al-Fusha Jilid VII dan Jejak Gemilang Mahasiswa PBA Unismuh

  • Bagikan
HMJ PBA Unismuh Makassar menggelar peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Peringati Hari Bahasa Arab Sedunia 2023, mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Al-Fusha.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PBA, adapun pada 2023 ini, telah memasuki jilid VII.

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa PBA Unismuh, tapi juga melibatkan beberapa instansi, termasuk PIP, UNHAS, SMAIT AL-QALAM, UIAD SINJAI, dan lainnya.

Ketua Umum HMJ PBA Periode 2023-2024, Muh Syukur, menjelaskan, Al-Fusha merupakan momen gemilang dalam rangkaian kegiatan yang dihelat oleh HMJ PBA.

Selama tiga hari, dari 12 hingga 14 Desember, kampus menjadi saksi berbagai kompetisi bahasa Arab, seperti tahfiz, Qiraatussyiir, tilawah, ghina aroby, dan pidato bahasa Arab.

Syukur juga menambahkan, kegiatan ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi peserta untuk bersaing secara intelektual, tetapi juga menjadi wadah berharga untuk memperkaya pemahaman dan penerapan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari.

"Bahasa Arab bukan hanya menjadi alat komunikasi, tetapi juga identitas dan kebanggaan bagi para peserta yang berpartisipasi," kata Syukur.

Selain lomba, kegiatan ini juga menampilkan seminar Arabiyah sebagai peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia dengan tema "Aktualisasi Nilai Bahasa Arab sebagai Sarana Komunikasi Global".

Para pembicara yang didatangkan HMJ PBA masing-masing memberikan wawasan tentang urgensi bahasa Arab sebagai jembatan komunikasi global di era modern.

  • Bagikan