Pj Gubernur Sulsel Dorong Pengembangan Berbagai Komoditi di Wajo, Bupati Wajo: Kami Apresiasi dan Siap Menyukseskan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, kembali mengunjungi Kabupaten Wajo, Jumat (12/1/2024). Ini adalah kunjungan yang kesekian kalinya sejak dilantik menjadi Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan.

Birokrat yang memulai kariernya di Pemkab Wajo ini mengunjungi Desa Palippu, Kecamatan Tanasitolo. Agendanya, melakukan Penanaman sekaligus Panen Nenas di desa yang terkenal sebagai penghasil nenas terbesar di Sulsel ini.

Bupati Wajo, Amran Mahmud menerima langsung kunjungan Bahtiar Baharuddin bersama rombongan. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulawesi Selatan, Imran Jausi, Anggota DPRD Kabupaten Wajo, Junaedi Muhammad, Kepala OPD lingkup Pemkab Wajo dan Kepala Desa Palippu, Muhammad Rafiq Mallori serta masyarakat.

Bahtiar Baharuddin mengakui bahwa sejak dulu Desa Palippu ini terkenal sebagai daerah penghasil Nenas terbesar dengan kualitas terbaik di Sulawesi Selatan. "Hanya saja, ikon itu perlahan memudar dan bahkan hampir hilang," ucap Alumni STPDN ini.

Dia pun menginisiasi agar kejayaan Desa Palippu di masa lalu sebagai penghasil nenas terbesar dengan kualitas terbaik dapat dikembalikan lagi.

"Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendorong pengembalian ikon tersebut. Kita memotivasi Pemerintah Desa dan masyarakat Palippu untuk melakukan mekanisasi pertanaman dan perluasan lahan untuk menanam nenas," ujarnya.

Bahtiar menyebut potensi pasar nenas ini cukup luas. Bahkan, Negara Tiongkok yang memiliki penduduk 1,4 miliar jiwa dengan budaya makan nenas menjadi potensi pasar yang besar.

  • Bagikan