Pj Wali Kota Palopo Pukul Gong Tanda Pencanangan Kampung Siaga Bencana

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PALOPO - Penjabat Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si., bersama Direktur PSKBA Kementerian Sosial RI, Muh. Delmi. SH., memukul gong tanda pencanangan Kampung Siaga Bencana Kecamatan Telluwanua.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan Kelurahan Maroangin, Sabtu (24/2/2024).

Pencanangan tersebut juga dihadiri Kabid Linjamsos Dinas Sosial Pemprov Sulsel, Herman, dan unsur Forkopimda Kota Palopo serta Kadis Sosial dan Ketua PMI Kota Palopo.

Ditempat yang sama, dikukuhkan pula 60 orang relawan anggota Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Telluwanua. Pengukuhan dilakukan oleh penjabat Wali Kota Palopo, Asrul Sani yang bertindak sebagai pembina apel.

Kepala Dinas Sosial Kota Palopo, Zulkifli Halid, mengatakan, Kampung siaga bencana yang diinisiasi Kementerian Sosial RI merupakan program yang sangat strategis terutama bagi daerah-daerah yang rawan bencana.

"Ini merupakan yang pertama dilakukan di Indonesia, di tahun 2024 ini. Ini hal yang luar biasa, bahwa kita menjadi pionir di tahun ini dalam pelaksanaan KSB," kata Zulkifli.

Zulkifli melanjutkan, kegiatan ini dibarengi juga dengan kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS), di mana Dinas Sosial Kota Palopo dibantu Taruna Siaga Bencana (Tagana) pusat, propinsi, dan Tagana-Tagana lokal kota palopo menyebar kesekolah-sekolah memberikan edukasi dan bimbingan kepada siswa-siswi terkait kesiap siagaan bencana.

"Di samping itu juga ada Lumbung Sosial, yang menjadi bagian dari KSB ini. Lumbung sosial ini sifatnya kontinyu, jadi kalau lumbung sosialnya sudah habis atau berkurang, nanti kita akan usulkan untuk diisi kembali melalui dinas sosial," jelasnya.

  • Bagikan