Satgas TMMD Ke-119 Kodim 1409/Gowa Gelar Penyuluhan Kesehatan Bagi Masyarakat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, GOWA - Dalam rangka membantu akselerasi pembangunan di daerah dan tingkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat, selain pembangunan fisik, Satuan tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-119 Kodim 1409/Gowa juga melaksanakan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Desa Panaikang, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa, Jum'at (15/03/2024).

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas Paccellekang dr. Gandi Iswanto, Pasi Ter Kodim 1409/Gowa, Kapten Arm Santoso R, Camat Pattalassang, Andi Pangerang Suaib, Sekdes Panaikang, Supriadi dan 50 orang masyarakat.

Kepala Puskesmas Paccellekang dr. Gandi Iswanto menjelaskan, penyuluhan yang bertema "Darma bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah" serta Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat sangat penting bagi kehidupan masyarakat.

"Kami mengajak agar masyarakat berperan dalam Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Bersih Dan Sehat), karena sekarang ini telah terjadi pergeseran penyakit, misalkan sepuluh tahun sebelumnya penyakit menular lebih tinggi dibanding penyakit yang tidak menular," katanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, tujuan Germas ialah menurunkan beban penyakit dan beban biaya, untuk meminimalisir itu lebih baik kita mencegah dari pada meongobati.

"Tujuan kami ialah pencegahan prefentif dari Germas ini ialah aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan jalan sehat," ungkap Kepala Puskesmas Paccelekang ini.

  • Bagikan