Gandeng Pemkab Bulukumba, Perseroda Sulsel Bangun Pabrik Pupuk Urea dan Budidaya Pisang Cavendish

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) atau Perseroda Sulsel melakukan penandatanganan MoU dengan Pemkab Bulukumba terkait kerjasama tiga proyek.

Tiga proyek itu diantaranya pembangunan pabrik urea dan amonia, refinery oil (kilang minyak) dan budidaya agrobisnis pisang cavendish.

Plt Direktur Utama PT SCI (Perseroda) Sulsel, Machmud Achmad mengatakan, bahwa pasca dirinya ditunjuk sebagai Plt, pihaknya berupaya untuk melaksanakan kegiatan dengan menarik investor agar bisa bekerja sama untuk pengembangan perekonomian di Sulawesi Selatan

Proses produksi ammonia dan urea akan dilengkapi dengan fasilitas CCS (penyimpanan penangkapan karbon) untuk mengurangi emisi karbon dan Perseroda menargetkan pemasaran urea untuk domestik. Sedangkan untuk liquid ammonia akan dikirim ke pasar internasional," kata Machmud, usai MoU di Bulukumba, Kamis malam, (14/3/2024).

Pembangunan mulai dari konstruksi, pemasangan, dan pengujian sekitar 36 bulan dan Produk yang akan dihasilkan antara lain Naphtha (282 tpd), Diesel Euro V (3.388 tpd), LSFO (Low Sulfur Fuel Oil) (2.964 tod), Bitumen/Fuel Oil (4.376 tod) dan LPG dengan target pasar utama adalah untuk ekspor dan sebagian untuk pasar domestik," jelasnya.

Selain itu, dirinya juga akan menjalin kerjasama dengan Pemkab Bulukumba untuk penanaman pisang cavendis sebagai salah satu program prioritas Plt Gubernur Sulawesi Selatan Bachtiar Baharuddin yang langsung disetujui Bupati Bulukumba dengan siap merealisasikan program tersebut dimana pemerintah provinsi sudah menyiapkan lahan kurang lebih 100 hektar di Kecamatan Bontomanai, Bulukumba.

  • Bagikan