Sejumlah Penerbangan di Bandara Sulhas Terdampak Erupsi Gunung Ruang

  • Bagikan
Calon penumpang yang terdampak erupsi Gunung Ruang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Sekitar lima penerbangan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (Sulhas) dibatalkan, imbas erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, Kamis, 18 April.

Bahkan tak hanya itu, juga terdapat tiga penerbangan yang dialihkan ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Hal itu disampaikan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hassanuddin Makassar, Taochid Purnomo Hadi melalui keterangan tertulisnya Kamis, 18 April.

Dia menjelaskan hingga saat ini terdapat lima penerbangan yang dibatalkan dan tiga penerbangan yang dialihkan ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

"Ini dampak atas penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado karena penyebaran abu vulkanik erupsi Gunung Ruang," katanya.

Dia mengurai lima penerbangan yang dibatalkan itu yakni dua penerbangan rute Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara Sam Ratulangi Manado dan tiga penerbangan rute sebaliknya.

"Tiga penerbangan yang dialihkan ke Makassar dari Jakarta dan Kunming yang seharusnya menuju Bandara Sam Ratulangi Manado," sebutnya.

Sementara itu Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I, Taufan Yudhistira menambahkan kalau penerbangan yang terrdampak yakni Lior Air dan Citilink.

Sekadar diketahui, status Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro naik dari Level III Siaga menjadi Level IV Awas.

Peningkatan status ini menyusul eskalasi aktivitas vulkanik Gunung Ruang yang kembali erupsi pada Rabu 17 April 2024 pukul 18.00 WITA dengan ketinggian semburan material mencapai 2.500 m dari puncak.

  • Bagikan