Makassar Kota Dunia yang Resilient, Sombere’ dan Smart untuk Semua Jadi Rencana Pembangunan Janga Panjang, Ini Artinya

  • Bagikan


FAJAR.CO.ID
,MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar hari ini menggelar Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2024. Berlangsung di Hotel Four Points, Makassar, Rabu (24/4/2025).

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Makassar, Firman Pagarra mengatakan RPJD merupakan rencana pembangunan 20 tahun. Selanjutnya akan diturunkan jadi dokumen jangka menengah, untuk lima tahun.

“Pemkot Makassar, telah merumiskan vusi pembangunan jangka panjang Kota Makassar 2025-2045 adalah Makassar Kota Dunia yang Resilient, Sombere’dan Smart untuk Semua,” kata Firman dalam sambutannya.

Firman menjelaskan, Kota Dunia adalah kondisi Kota Makassar pada tahun 2045 menjadi kota maju. Kota pusat pertumbuhan ekonomi dengan 

standar - standar kota maju di dunia dalam berbagai aspek pembangunan dan kualitas hidup. 

“Kondisi kesejahteraan ekonomi Kota Makassar meningkat sejalan dengan meningkatnya pendapatan masyarakat dengan pendapatan per kapita mendekati setara negara maju, menurunnya kemiskinan dengan tingkat kemiskinan menuju nol persen,” jelasnya.

Kondisi Kota Makassar yang maju, kata dia juga ditandai oleh tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel dengan ASN yang profesional dan berkinerja tinggi.

Sementara resilient, ia menerangkan adalah kondisi Kota Makassar pada tahun 2045 yang berketahanan terhadap risiko bencana dan berkontribusi pada penanganan perubahan iklim, dengan menurunnya Intensitas emisi Gas Rumah Kaca (GRK) menuju net zero emission. 

“Kondisi Kota Makassar yang mampu memberikan rasa aman aman dan nyaman (liveable) untuk masyarakatnya dengan infrastruktur kota yang berkualitas dan merata, ruang publik yang memadai dengan transportasi umum yang aman dan nyaman,” terangnya.

  • Bagikan