Mobil Radio Kontrol, Jatuh Cinta karena Solidaritas

Kamis, 4 Maret 2021 11:55

Anggota Komunitas Radio Control Adventure Makassar (RC4M) foto bersama mobil-mobil koleksi mereka di sekretariatnya, /FOTO: Idham Ama

Mobil radio kontrol bukan sekadar mainan untuk menghilangkan penat. Juga, membakar kalori.

Laporan: DEWI SARTIKA MAHMUD

FAJAR.CO.ID — Radio Control Adventure Makassar (RC4M) merupakan sebuah komunitas. Komunitas bagi penggemar mobil remote control. Komunitas ini dibentuk sejak tahun 2017. Sekarang sudah memiliki 82 anggota. Mereka tidak hanya berasal dari Kota Makassar. Juga ada anggotanya yang berasal dari luar Kota Makassar.

Komunitas ini awalnya terbentuk tanpa sengaja. Mereka hanya ketemu di lokasi bermain para penggemar mobil remote control tersebut. “Makanya dibuatlah komunitas RC4M sebagai wadah silaturahmi dan juga sebagai tempat diskusi sesama pecinta hobi,” kata Ketua Komunitas RC4M, Syarif Saleh Patty.

Seluruh mobil yang dimiliki para member RC4M ini sama halnya dengan mobil offroad. Mirip dengan salinya. Mereka kerap memainkannya dengan melewati obstacle atau rintangan. Bisa berupa tanjakan, turunan, dan sebagainya. Saat ini, rerata medan yang dipilih di Baruga Antang, BTP dan Pattalassang, Kabupaten Gowa. Pastinya setelah ada izin pemilik lahan.

“Arena untuk bermain biasanya dipilih berdasarkan medan yang diinginkan. Apakah berlumpur, hingga bebatuan,” tuturnya. Bermain mobil di medan yang menantang pastinya akan membuat mobil-mobil ini mendapat benturan keras. Bisa rusak kalau tidak hati-hati.

“Bayangkan saja. Kami ini awalnya tidak saling kenal, tetapi sampai rela meminjamkan ban serep-nya ketika salah satu mobil kami rusak. Sikap solidaritas yang terjalin inilah yang membuat saya merasa senang bermain mobil ini,” kenang member RC4M, Erwin saat ditemui di Jalan Monginsidi, kemarin.

Onderdil mobil ini banyak ditemukan di toko online. Import dari Tiongkok, Amerika Serikat dan Singapura. “Kami ada bengkel khusus. RC4M garage namanya. Di bengkel ini juga melayani perakitan bahkan memodifikasi sampai dengan aksesori-aksesori mobil RC adventure,” sambung Syarif.

Komentar

VIDEO TERKINI