Pelajar di Sinjai Dijadwalkan Ikuti Pesantren Kilat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Pelajar di Kabupaten Sinjai dijadwalkan mengikuti pesantren kilat. Teknis kegiatannya akan diserahkan kepada masing-masing satuan pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Andi Jefrianto Asapa mengatakan, berdasarkan kalender pendidikan, jadwal pesantren kilat dilaksanakan pada hari ketiga pelaksanaan bulan ramadan. Namun, untuk pelaksanaanya diserahkan ke masing-masing satuan pendidikan.

"Apakah dilakukan secara luring atau daring, kita serahkan kebijakan di masing-masing satuan pendidikan untuk berinovasi,” jelasnya saat ditemui di Ruang Kerjanya, Rabu (14/4/21).

Khusus untuk tingkat SMP, pelaksanaan pesantren kilat akan dilakukan dengan melibatkan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sinjai untuk melaksanakan latihan dasar kepemimpinan selama lima hari.

Menurut Jefrianto, pesantren kilat ini penting dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan keagamaan untuk mendukung pembentukan karakter yang lebih baik bagi para pelajar selaku generasi penerus bangsa.

“Pesantren kilat ini adalah bagian pendidikan karakter dalam konteks mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia, cerdas dan terampil. Dalam hal ini penguatan keagamaan, bagaimana jujur dan gotong royong disamping meningkatkan keimanan dan ibadah di bulan suci ramadan,” katanya.

Setelah dilakukan pesantren kilat, siswa kembali belajar seperti biasanya yaitu pembelajaran dari rumah namun durasi waktu lebih singkat selama bulan ramadan ini.(sir)

  • Bagikan